Analisis Strategi Pengembangan Agrowisata Kebun Tanaman Obat Karyasari Studi Pada Desa Karyasari Kecamatao Leuwiliaog Kabupateo Bogor
Abstract
Agrowisata Karyasari yang dikelola oleb Yayasan Pengemhangan Tanaman Obat (YPTO) Karyasari merupakan suatu yayasan yang bergerak dalam pengembangan tanaman obat di Indonesia Obyek wisata yang ditawarkan herupa tanaman obat. Agrowisata tanaman obat adalah obyek wisata yang menarik, unik dan masih bam (pionir). Walaupun Agrowisata Karyasari sebagai pionir dalam wisata kebun tanaman obat dengan banyak potensi dan keunikan obyek wisatanya, Karyasari helum memiliki suatu strategi pengembangan usaba untuk menjadikan agrowisata yang unggul atau market-leader, dengan memanfaatkan peluaog dan kekuataunya serta meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman yang dihadapi. Oleb karena itu, YPTO Karyasari sebagai pengelola Agrowisata Karyasari perlu merumuskan strategi pengembangan usaba yang sebaiknya diterapkan dengan melihat kondisi-kondisi internal (kekuatan dan kelemahan) dan ekstemal (peluang dan ancaman) yang dihadapi Agrowisata Karyasari. Penelilian ini dilakukan di YPTO Karyasari dan di Kebun Tanaman Obat Karyasari di desa Karyasari kecamatan Leuwiliang kabupaten Bogor. Waktu pengambilan data primer dilakukan pada bulan April-Juni 2003. Alat analisis yang digunakan adalah matriks !FE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks SWOT (Strengtm, Weaknesses, Opportunities, and Threats), matriks I-E Un/ernal-External), dan matriks QSP (Quantitative Strategic Planning).
Collections
- UT - Agribusiness [4247]