Perilaku pencarian dan pemanfaatan informasi harga sayur-mayur oleh petani sayur-mayur dan pedagang pengumpul serta pengaruh informasi tersebut terhadap perilaku mereka
Abstract
Perkembangan pertanian di Indonesia terhambat oleh sistem pemasaran hasil pertanian yang masih kurang effisien. Salah satu faktor penghambatnya atau masalah yang menonjol adalah kurangnya pengetahuan mengenai keadaan dan perkembangan Dasar dari para petani dan pedagang. Sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah mengadakan Pelayanan Informasi Pasar (PIP) untuk memberikan informasi mengenai Derkembangan harga sayur-mayur dan palawija. Kegiatan PIP ini diharapkan dapat meningkatkan kekuatan tawar-menawar petani dan mengurangi fluktuasi harga yang cerjadi, yang pada akhirnya diharapkan mampu mengarahkan perilaku petani guna meningkatkan pendapatannya.
Berkaitan dengan penyajian informasi harga sayur-mayur yang dilakukan oleh PIP melalui media massa, perlu dipertanyakan (1) bagaimanakah perilaku petani dan Dedagang dalam pencarian dan pemanfaatan informasi harga yang disajikan PIP? Serta 2) efek apakah yang terjadi pada petani dan pedagang pengumpul sayur-mayur untuk Dertindak secara lebih rasional untuk meningkatkan pendapatannya? Dan (3) Faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh bagi perubahan perilaku mereka dalam menggunakan informasi harga sehingga dapat melakukan tindakan yang rasional guna meningkatkan pendapatannya? ...