Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Buah Durian, Salak, Jeruk, dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran Bisnis Buah-Buahan Pt. Intidaya Agrolestari
View/ Open
Date
1996Author
Prijanggono, Surjo
Sumarwan, Ujang
Krisnamurthi, Y. Bayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Permintaan pasar dalam negeri akan produk buah akhir-akhir ini cenderung meningkat, hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk, adanya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan, meningkatnya pengetahuan gizi, serta meningkatnya permintaan industri pengolah buah-buahan. Meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat tentunya akan meningkatkan preferensi masyarakat terhadap buah-buahan antara lain melalui tuntutan kualitas yang lebih baik.
Disamping permintaan pasar dalam negeri, permintaan pasar luar negeri juga mengalami peningkatan. Hal ini didukung adanya era perdagangan bebas yang memberikan peluang kepada Indonesia untuk mengekspor produknya ke pasar internasional. Memperhatikan adanya prospek bisnis yang baik dari buah-buahan, maka PT. Inagro sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis, berusaha memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan investasi kebun buah-buahan secara komersial.
Untuk lebih meningkatkan kinerja kegiatan pemasaran, maka pada geladikarya ini dilakukan riset pemasaran mengenai preferensi konsumen terhadap beberapa atribut produk beberapa jenis buah yaitu durian, salak, dan jeruk. Informasi ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan mengenai karakteristik yang disukai konsumen dari buah-buahan yang diteliti. Diharapkan juga dari hasil riset ini dapat menjadi informasi yang berharga bagi perusahaan dalam menetapkan strategi pemasaran selanjutnya.
PT. Inagro merupakan perusahaan yang relatif baru dalam bisnis buah-buahan, sementara di pasar telah beredar produk buah-buahan dari para pesaing yang tentunya lebih berpengalaman dalam bisnis ini. Untuk mengurangi resiko kegagalan dari investasi yang ditanam maka perlu dilakukan riset preferensi konsumen terhadap atribut buah-buah yang diteliti. Hal ini sangat penting untuk agar mampu bersaing dan memberikan kontribusi keuntungan yang tinggi bagi perusahaan.
Bertitik tolak dari keadaan tersebut maka permasalahan yang perlu dipertimbangkan perusahaan adalah bagaimana preferensi konsumen terhadap atribut-atribut produk buah-buahan yang diteliti. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut durian, salak dan jeruk, dan implikasinya terhadap strategi pemasaran. ...
Collections
- MT - Business [1572]