Analisis Perilaku dan Posisi Persaingan Furniture Kayu Kelapa Dari Cv. Malalayang Sakti Di Sulawesi Utara
View/ Open
Date
1996Author
Pangemanan, Freety Claudya
Sumarwan, Ujang
Herlina, Lien
Metadata
Show full item recordAbstract
Industri furniture merupakan salah satu cabang industri yang memiliki prospek cerah baik di pasar dalam negeri maupun internasional. Ini dapat dilihat dari jumlah ekspornya sejak tahun 1990-1994 yang mengalami peningkatan tiga kali lipat lebih dalam kurun waktu 4 tahun. Seperti diketahui furniture yang dihasilkan oleh sebagian besar industri di Indonesia berasal dari kayu-kayuan, rotan, alumunium, besi dan lain-lain. Furniture yang dihasilkan dari jenis kayu- kayuan memiliki ciri khas tersendiri dan sangat diminati konsumen, karena keawetan, keragaman design, warna dan hal-hal lain yang menunjukkan suatu keindahan tersendiri.
Meninjau tentang ketersediaan bahan baku pembuat furniture tersebut, Indonesia memiliki sumberdaya yang cukup banyak. Ini dapat dilihat dari jumlah hutan yang ada di Indonesia dan keragaman jenis kayu yang dimilikinya. Namun demikian pembabatan hutan yang terus-menerus mendapat kecaman yang berat dari dunia internasional tentang kelestarian lingkungan. Sedangkan ekspor bahan baku kayu juga mengalami hambatan karena sedikit memberikan keuntungan perusahaan, yang secara tidak langsung juga mengurangi pemasukan devisa negara.
Berdasarkan gejala yang ada maka upaya pemilihan jenis pohon yang secara keseluruhan memiliki nilai tambah selain penggunaannya sebagai bahan baku kayu merupakan salah satu solusi yang bisa diambil. Pohon kelapa merupakan jenis pohon yang memiliki produk turunan dimana secara ekonomis sangat menguntungkan, diantaranya yaitu minyak goreng, santan, margarin tempurung kelapa yang dijadikan arang tempurung, sabut kelapa untuk busa, jok mobil, dan furniture batang kayu kelapa.
CV. Malalayang Sakti adalah salah satu perusahaan yang membuat furniture kayu kelapa, berlokasi di daerah Sulawesi Utara khususnya Minahasa yang dianggap sebagai sentra produksi kelapa terbesar di Indonesia. Perusahaan ini bertujuan untuk meningkatan penjualan dari produk yang dihasilkannya. Untuk itu maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan pelanggan. ...
Collections
- MT - Business [2031]