Formulasi Strategi Bersaing Pt.Indah Kiat Pulp And Paper Dalam Menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis
View/ Open
Date
2000Author
Hutahaean, Eben Ezer
Sanim, Bunasor
Harianto
Metadata
Show full item recordAbstract
Pulp dan kertas merupakan satu dari sepuluh komoditas yang ditetapkan oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan sebagai komoditi andalan di bidang agroindustri serta dinilai memiliki prospek yang cerah di masa yang akan datang. Hal ini didasarkan atas ketersediaan sumber daya alam, ketersediaan tenaga kerja, jenis iklim di Indonesia, dan negara-negara produsen utama pulp yang mulai kesulitan penyediaan bahan baku. Di dalam negeri sendiri Industri pulp dan kertas mengalami pertumbuhan. yang lumayan. Pada tahun 1999 tercatat 81 pabrik yang bergerak pada industri pulp dan kertas. Dari 81 industri tersebut, 3 industri merupakan BUMN, 66 perusahaan dalam rangka PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) dan 12 perusahaan dalam rangka PMA (Penanaman Modal Asing). Saat ini kapasitas terpasang industri pulp di Indonesia mencapai 4.908.600 ton sedangkan kapasitas terpasang untuk industri kertas sebesar 8.093.900 ton. Meningkatnya permintaan akan pulp dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong para investor untuk mendirikan pabrik baru, dan peningkatan kapasitas bagi perusahaan yang sudah beroperasi. Sederet peluang yang dimiliki industri pulp dan kertas bukan tidak mengandung berbagai macam tantangan dan kendala, seiring dengan meningkatnya intensitas persaingan. Perubahan lingkungan bisnis menuntut setiap pelaku dalam dalam industri pulp dan kertas untuk mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan baik lingkungan eksternal maupun lingkungan internal perusahaan tersebut. PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) sebagai salah satu pelaku dalam industri pulp dan kertas tentu tidak luput dari berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya, baik yang bersifat eksternal maupun internal. PT IKPP perlu melakukan analisa lingkungan serta mengidentifikasi faktor-faktor strategis untuk mempertahankan keberadaannya di lingkungan persaingan industri pulp dan kertas. Berdasarkan hal tersebut kegiatan geladikarya ini difokuskan pada rumusan masalah sebagai berikut: (1) Sejauh mana faktor-faktor eksternal dan internal mempengaruhi posisi bersaing PT IKPP dalam persaingan industri pulp dan kertas di Indonesia? (2) Alternatif strategi apa yang sebaiknya diterapkan oleh PT IKPP dalam menghadapi persaingan industri? Geladikarya ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi serta menganalisa faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi posisi bersaing PT IKPP dalam industri pulp dan kertas, (2) Menyusun alternatif strategi bersaing PT IKPP dalam persaingan industri pulp dan kertas. Ruang lingkup geladikarya difokuskan untuk mengkaji kondisi internal dan eksternal perusahaan PT. IKPP, dan merumuskan strategi perusahaan. Dalam Geladikarya ini digunakan metode penelitian deskriptrif melalui...
Collections
- MT - Business [2031]