Strategi pemasaran dan analisis peramalan volume penjualan kertas : studi kasus di PN. Kertas Padalarang, Bandung
Abstract
Kegiatan produksi yang terus menerus harus diikuti pula dengan kelancaran pemasaran produk, oleh karena itu kegiatan pemasaran menjadi suatu langkah utama, yang sebelum produk dihasilkan harus sudah jelas kemana produk tersebut akan dipasarkan.
Tujuan Praktek Lapangan ini adalah mempelajari strategi pemasaran yang dilaksanakan PN. Kertas Padalarang dan mengetahui beberapa variabel yang mempengaruhi tingkat penjualan kertas dan melalui model yang diperoleh dipergunakan untuk meramalkan (proyeksi) volume penjualan kertas pada masa yang akan datang.
Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh selain dari perusahaan juga dari instansi yang terkait. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan tabulasi. Analisis peramalan volume penjualan dilakukan dengan model regresi berganda untuk melihat pengaruh variabel harga dan
pendapatan per kapita masyarakat. Untuk mengantisipasi persaingan pemasaran yang semakin tajam baik di dalam negeri maupun di luar negeri maka bagian pemasaran harus mematangkan strategi pemasaran dan
mempersiapkan strategi untuk memenuhi keinginan konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah bauran produk, bauran harga, bauran promosi dan bauran distribusi.