Analisis Kontribusi Marjin Produk Pakan Ternak Pada Pt. Hirema Bogor
Abstract
Industri pakan ternak unggas saat sekarang masih memberikan peluang bisnis yang masih menjanjikan keuntungan, karena populasi unggas di Jawa khususnya terus mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan konsumsi daging ayam dan telur ayam. Ketatnya persaingan dalam bisnis pakan ternak unggas memaksa produsen untuk bekerja secara efisien, agar dapat bersaing dengan produksi yang sejenis di pasar.
PT Hirema Bogor menghasilkan 12 jenis pakan ternak ayam, dari hasil produksi tersebut sampai saat sekarang dipasok kepada anggota Grup yang tergabung dalam Holding Company yaitu PT. Hibrida Indonesia Putra dan Koperasi Karyawan yang menjadi Inti PIR Ternak.
Menurunya permintaan produk pakan ayam dari anggota Grup saat sekarang, menyebabkan volume penjualan menjadi turun, dan diikuti naiknya harga bahan baku, ini merupakan salah satu penyebab kerugian perusahaan. Dengan kondisi tersebut maka PT. Hirema perlu mengetahui dampak terhadap produk yang dihasilkan, baik terhadap biaya produksi, biaya usaha, biaya tetap dan total biaya dikaitkan dengan nilai penjualan total, apakah perusahaan masih memperoleh laba atau rugi. Hal ini sangat penting, karena menyangkut kelangsungan hidup perusahaan, walaupun yang membeli produk pihak Grup sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut di-atas timbul masalah sebagai berikut:
a. Berapakah besarnya biaya tetap dan biaya variabel yang digunakan untuk biaya produksi, biaya usaha, administrasi dan umum periode 1994, serta struktur biaya produksi dan biaya usaha pada periode tersebut.
b. Berapakah besarnya kontribusi yang disumbangkan oleh masing-masing jenis produk terhadap laba rugi perusahaan. Jika perusahaan mengalami kerugian apakah penyebab dari kerugian tersebut.
c. Berapakah volume penjualan minimal yang harus dicapai perusahaan, agar perusahaan tidak untung dan tidak rugi, baik secara total maupun masing-masing jenis produk.
Berdasarkan permasalahan tersebut diatas, maka perlu dilakukan analisis terhadap:
a. Besarnya biaya produksi, biaya usaha, biaya administrasi dan umum, periode 1994 serta struktur biaya produksi dan biaya usaha pada periode tersebut.
b. Kontribusi masing-masing produk
c. Titik impas secara total maupun masing-masing jenis produk.
Tujuan Geladi Karya ini adalah untuk mengetahui secara jelas besarnya kontribusi masing-masing produk terhadap laba/rugi perusahaan periode 1994. Dengan mengetahui besarnya kontribusi masing-masing produk maka dapat diketahui peluang antar produk, dan dapat diketahui produk tersebut merupakan produk komplemen, suplemen ataukah kompetitif. Dengan informasi tersebut perusahaan diharapkan dapat melakukan usaha-usaha untuk mengantisipasi produk yang kurang menguntungkan pada masa yang akan datang, agar perusahan dapat merealisasikan laba sesuai dengan yang direncanakan…dst
Collections
- MT - Business [1572]