Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Sop Duren Rafi Medan di Bogor
View/ Open
Date
2015Author
Syahputra, Sri Subandoro Adi
Daryanto, Heny K
Metadata
Show full item recordAbstract
Restoran Sop Duren Rafi Medan merupakan restoran yang menawarkan
menu olahan durian dengan menu utama yaitu sop duren. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis proses keputusan
pembelian konsumen, tingkat kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen yang
berimplikasi terhadap bauran pemasaran dari Restoran Sop Duren Rafi Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Customer
Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan piramida
loyalitas. Karakteristik konsumen Restoran Sop Duren Rafi Medan mayoritas
berdomisili di Bogor, belum menikah, berjenis kelamin perempuan, berusia 17-
22 tahun, pendidikan terakhir SMA, berprofesi sebagai pelajar atau mahasiswa
dan memiliki pendapatan perbulan sebesar Rp500 000- Rp1 499 999. Pada tahap
keputusan pembelian ( pembelian tergantung situasi, sumber yang mempengaruhi
adalah teman, hari berkunjung tidak tentu, waktu kerja sore hari), dan keputusan
pasca pembelian (konsumen merasa puas dan konsumen bersedia untuk
berkunjung kembali). Nilai dari Customer Satisfaction Index (CSI) adalah sebesar
75.52 persen.Tingkat loyalitas konsumen berada pada tingkat committed buyer.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]