Analisis strategi bersaing pada produk mentega(Butter)
Abstract
PT Indomilk melihat bahwa pasar mentega dalam negeri terus berkembang dengan baik dan memberikan peluang bagi Orchid Butter untuk terus dikembangkan. Permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran Orchid Butter adalah a) pengaruh lingkungan, daur hidup produk dan tipe bisnis terhadap penentuan strategi promosi, b) produk impor sering melakukan penurunan harga jual dan mendapatkan subsidi harga dari produsen luar negeri, c) dana promosi yang terbatas berkisar antara 7-9 persen dari total anggaran pemasaran, menyulitkan Orchid Butter untuk mengalokasikan dana tersebut ke berbagai alat promosi yang ada.
Dalam menjawab masalah diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis a) faktor-faktor lingkungan perusahaan agroindustri mentega yang mempengaruhi penentuan strategi pemasaran yang diterapkan, b) strategi penetapan harga jual, c) daur hidup Orchid Butter dan pangsa pasar yang dikuasai, d) strategi bauran promosi yang diterapkan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus pada PT Indomilk. Lokasi ditetapkan dengan sengaja, mengingat PT Indomilk telah duapuluh tahun memproduksi Orchid Butter. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, konsep daur hidup produk, Boston Matrix dan analisis bauran promosi. ...