Faktor-faktor yang memengaruhi daya saing ekspor Cengkeh Indonesia di negara tujuan ekspor utama
Abstract
Cengkeh merupakan komoditas potensial Indonesia dalam perdagangan
internasional.Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perkembangan daya saing
cengkeh Indonesia dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhinya. Cakupan
penelitian ini meliputi sembilan negara tujuan ekspor utama cengkeh Indonesia
yaitu India, Singapura, Saudi Arabia, USA, Vietnam, Malaysia, Pakistan, Brazil,
dan Belanda, dengan tahun analisis dari tahun 2004 hingga tahun 2013. Hasil
analisis metode RCA menunjukan bahwa cengkeh Indonesia memiliki daya saing
yang kuat (RCA>1).Sementara itu dengan pendekatan Berlian Porter diketahui
faktor sumberdaya alam menjadi kekuatan kompetitif daya saing Indonesia.Hasil
analisis metode panel data menunjukan faktor yang berpengaruh positif terhadap
nilai daya saing komparatif cengkeh Indonesia ke negara tujuan ekspor utamanya
yaitu volume ekspor cengkeh, harga ekspor cengkeh, harga ekspor negara pesaing,
dan nilai tukar riil.Sedangkan volume produksi cengkeh, GDP perkapita negara
tujuan dan nilai pemakaian cengkeh untuk industri rokok kretek memiliki
pengaruh yang negatif.Hasil analisis tersebut digunakan untuk merumuskan
strategi peningkatan daya saing cengkeh Indonesia.