Analisis manajemen strategik dalam perspektif balanced scorecard dan pengambilan keputusan inisiatif strategik dengan proses hierarki analitik pada PT. Supa Fajar Mas, Bogor
Abstract
Kondisi lingkungan bisnis yang semakin kompleks, kompetitif, dan bergejolak saat ini disebabkan oleh globalisasi persaingan dan perkembangan teknologi informasi yang telah menimbulkan ketidakpastian bagi perusahaan. Kondisi demikian menuntut organisasi untuk mampu merespon dengan cepat terhadap perubahan-perubahan yang mempengaruhi sehingga mampu memenangkan persaingan yang dihadapi. Strategi yang akurat dan mampu merespon arah perubahan serta penilaian kinerja mutlak diperlukan agar perusahaan mampu berkembang atau bertahan dalam lingkungan bisnisnya. PT. Supa Fajar Mas (PT. SFM) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang agroindustri yang menghasilkan berbagai produk barang maupun jasa seS\Jai dengan kebutuhan konsumen. Untuk memperbaiki posisinya dalam persaingan yang terjadi dan dalam menemukan prod uk menguntungkan yang menghasilkan laba dan memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang tepat dan penilaian atau pengukuran kinerja untuk mengetahui apakah strategi yang dicanangkan oleh perusahaan telah mengenai sasaran yang diinginkan sehingga visi dan misi dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan perusahaan dalam merespon perubahan-perubahan di lingkungan internalnya dan lingkungan eksternalnya dan merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan agar dapat diterapkan dalam kondisi saat ini. Selain itu mengidentifikasi sasaran strategik dalam perspektif Balanced Scorecard beserta pengukuran dan prioritas inisiatifnya agar dapat dijalankan untuk mencapai sasaran. Ruang lingkup penelitian dibatasi sampai tahap perumusan strategik dan perencanaan strategik Hasil penelitian berupa strategi tingkat perusahaan, rancangan Balanced Scorecard, dan prioritas inisiatif strategik pada perspektif Balanced Scorecard.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]