Analisis Strategi Pemasaran Emping Melinjo Pada Pusat Koperasi Pertanian (Puskoptan) (L. Pengembangan Banten)
Abstract
Lingkungan usaba emping melinjo yang ada di Kabupaten Pandeglang bersifat dinarnis dan selalu berubah. Dari lingkungan ekstemal, nampak adanya peningkatan jumlah pesaing dan tiogkat persaingan di antara unit-unit usaha dalam memasarkan komoditi emping melinjo yang dihasilkannya. Sedangkan dari lingkungan internal, nampak babwa dalam menjalankan usabanya, Puskoptan Pengembangan Banten masih menghadapi berbagai kendala dan permasalahan. Dalam hal proses produksi, Puskoptan Pengembangan Banten dihadapkan palla masih rendahnya kapasitas produksi yang bisa dicapai. Lebih parah lagi, dan jumlah emping melinjo yang dihasilkan tersebut, tidak semuanya laku terjual. Semua hal yang dijelaskan di atas pada akhimya menuntut Puskoptan Pengembangan Banten untuk clapat merumuskan suatu strategi yang clapat membantu koperasi untuk clapat mencapai tujuannya, Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi (bauran) pemasaran yang telab diterapkan oleh koperasi; (2) mengidentifikasi faktor-faktor internal koperasi yang dapat menjadi kekuatan dan kelemahan bagi koperasi; (3) mengidentifikasi faktor-faktor ekstemal koperasi yang dapat menjadi peluang dan ancaman bagi koperasi; dan (4) menyusun altematif strategi pemasaran baru yang dapat diterapkan Puskoptan Pengembangan Banten. Data yang digiffiakan dalam penelitian ini adalab data primer dan data sekunder. Metode analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yang digiffiakan adalab ana1isis bauran pemasaran, analisis Iingkungan koperasi, dan analisis SWOT. Metode kuantitatifyang digimakan adalah Matriks lFE, Matriks EFE, dan Matriks IE.