Analisis lingkungan dan posisi persaingan perusahaan CV. Tiga Putra Rotan dalam pengembangan strategi pemasaran produk kerajinan rotan
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah identifikasi faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan CV. Tiga Putra Rotan yang terkait dengan aspek pemasaran produk ke- rajinan rotan, mengetahui lingkungan luar perusahaan khu- susnya yang berkaitan dengan faktor-faktor yang dapat men- jadi peluang dan ancaman terhadap kegiatan pemasaran produk, mengetahui posisi bersaing produk, meramalkan volume penjualan produk, dan menyusun strategi pemasaran. Melalui penelitian ini diharapkan adanya masukan bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan penetapan strategi perusahaan.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan studi kasus pada perusahaan CV. Tiga Putra Rotan yang merupakan perusahaan penghasil produk kerajinan rotan di Cirebon, Jawa Barat. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode analisi menggunakan konsep manajemen strategis dan manajemen pemasaran.
Identifikasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pemasaran produk kerajinan rotan dilakukan melalui analisis lingkungan perusahaan. Sedangkan penetapan strategi pemasaran dilakukan dengan mengacu pada hasil analisis SWOT perusahaan.
Analisis lingkungan dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, terdiri dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Di samping itu, untuk melengkapi analisis ling- kungan perusahaan, maka dilakukan analisis posisi persa- ingan produk dan peramalan volume penjualan.
Analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman menggunakan model SWOT, sedangkan analisis posisi persa- ingan produk dan peramalan masing-masing menggunakan matriks BCG dan metode peramalan time series dengan pemulusan dari Brown…dst