Studi perencanaan strategi pengelolaan produk wisata alam di obyek wisata pemandian air panas guci Kabupaten Daerah Tingkat II Tegal, Jawa Tengah
Abstract
Untuk menentukan garis kebijaksanaan dalam merancang produk wisata alam yang sesuai dengan keinginan wisatawan, perlu diadakan penelitian tentang motivasi wisatawan yang datang ke obyek wisata, yaitu tentang faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Diharapkan
IPB Univ
dengan penelitian tentang motivasi wisatawan, maka produk wisata alam yang dirancang dapat memberikan kepuasan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui faktor-faktor kekuatan/kelemahan dan peluang/ancaman yang terdapat di dalam pengelolaan Obyek Wisata PAP Guci, 2) mengetahui tanggapan dan motivasi pengunjung untuk menentukan produk wisata yang akan dikembangkan, 3)
menentukan strategi pengelolaan di masa yang akan datang,
Penelitian ini dilakukan di Obyek Wisata PAP Guci yang terletak di Kabupaten Dati II Tegal.
Penelitian dilaksanakan dua bulan. Alat dan bahan yang digunakan adalah peta-peta kawasan obyek
wisata, kamera dan alat tulis menulis.