Evaluasi lanskap Sekolah Menengah Umum Negeri Kotamadya Jakarta Utara
Abstract
Sekolah sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pendidikan secara langsung mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan program belajar mengajar dan memberi pengaruh tertentu dalam diri seseorang yang terlibat di dalamnya. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah kondisi fisik lingkungannya. Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) merupakan lembaga pendidikan yang dikelola pemerintah di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional Keberadaan lembaga ini cukup menjadi pusat perhatian dan tak jarang menjadi barometer kualitas pendidikan di Indonesia. Penataan lanskap SMUN diperlukan untuk menunjang kegiatan yang berlangsung di dalamnya, baik dari sisi kenyamanan maupun keamanan. Lingkungan sekolah selama ini umumnya tidak memiliki ruang terbuka yang cukup memadai untuk menghadirkan kegiatan outdoor edukatif bagi user atau kegiatan rekreatif lainnya yang dapat mengisi waktu istirahat.
Tujuan dari studi ini adalah melakukan evaluasi terhadap lanskap Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) di Jakarta Utara mencakup elemen pembentuk, fungsi dan komposisinya. Serta membuat konsep penataan lanskap SMUN yang dapat mengakomodasi kegiatan pendidikan. Hasil studi ini dapat menjadi bahan masukan bagi pihak yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya dalam merencanakan tapak untuk pembangunan sekolah. Studi berlangsung dari bulan Maret 2002 sampai Juli 2002 dan berlokasi pada sepuluh SMUN di Jakarta Utara. Sekolah dipilih secara acak dan masing-masing mewakili semua kecamatan yang ada di Jakarta Utara.
Studi bersifat deskriptif dan dilakukan dengan metode survei untuk memperoleh data primer dan dilakukan studi pustaka untuk memperoleh data sekunder. Survei dilakukan secara visual, pengukuran fisik, wawancara dan pengambilan kuisioner. Data primer terdiri dari lanskap sekitar tapak, penggunaan ruang, fasilitas outdoortelemen keras, vegetasi, desain taman dan pemeliharaan. Data sekunder terdiri atas data umum wilayah Jakarta Utara secara statistic ..dst