Show simple item record

dc.contributor.authorNapitupulu, Rina Permata Sari
dc.date.accessioned2010-05-07T00:33:04Z
dc.date.available2010-05-07T00:33:04Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/14349
dc.description.abstractPromosi merupakan salah satu kegiatan paling penting dalam pemasaran. Inti dari kegiatan promosi adalah memperkenalkan produk kepada konsumen, agar konsumen mengetahui dan tertarik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan, dan pada akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Promosi juga berfungsi untuk menonjolkan keunggulan produk daripada pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bauran promosi yang dilakukan oleh LPP Purnawarman sebagai bimbingan belajar dan menganalisis efektivitas bauran promosi dari dampak komunikasi dan persuasi terhadap siswa/i LPP Purnawarman. Penelitian dilaksanakan di LPP Purnawarman Bogor. Data yang diperlukan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari hasil observasi di lapangan, wawancara dengan pihak pengelola dan pengisian kuesioner oleh siswa/i. Data sekunder bersumber dari laporan tertulis/ dokumen lembaga serta data-data literatur yang relevan. Pengambilan sampel dilakukan secara convenience sampling terhadap 100 responden. Sebagai langkah awal data diuji validitas dan reliabilitasnya selanjutnya diolah secara statistik deskriptif menggunakan Microsoft Excell dan software SPSS 15.00 for windows. Proses pengolahan data menggunakan alat analisis EPIC Model (Emphaty, Persuation, Impact, and Communication). Bauran promosi yang digunakan oleh LPP Purnawarman Bogor, yaitu: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan perorangan. Periklanan menggunakan media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan. Sedangkan promosi penjualan dilakukan melalui berbagai kegiatan promosi yang bersifat jangka pendek (seasonal). Kegiatan Humas (Public Relations) merupakan sebuah konsep yang menggunakan banyak sarana, seperti melalui seminar anti narkoba, parade band sekolah, komunikasi LPP Purnawarman, dan penyuluhan yang diselenggarakan oleh pihak LPP Purnawarman Bogor. Hal ini mengingat lingkup humas yang memiliki cakupan luas. Adapun corporate image yang ingin dibangun oleh LPP Purnawarman Bogor adalah seperti yang tertera pada slogan ”simple and accurate solution” atau metode belajar dengan menggunakan multimedia learning. Sementara itu kegiatan penjualan perorangan dilakukan dengan menempatkan front officer, front desk (deposit counter) sampai information center menjadi tanggung jawab bersama. Hasil dari EPIC Model menunjukkan bahwa dimensi empathy memiliki rata-rata 3,71 atau berada dalam rentang skala efektif, dimensi persuation memiliki rata-rata 3,59 atau berada dalam rentang skala efektif, dimensi impact memiliki rata-rata 3,385 atau berada dalam rentang skala cukup efektif, dan dimensi communication memiliki rata-rata 3,522 atau berada dalam rentang skala efektif. Menurut hasil penelitian, secara keseluruhan EPIC Rate adalah sebesar 3,55. Nilai ini berada dalam rentang skala efektif. Nilai EPIC Rate yang dihasilkan menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan adalah efektif.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis efektivitas bauran promosi pada LPP (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan) Purnawarman Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record