Kajian penerapan dan pemahaman total quality management pada divisi operasional PT Fast Food Indonesia Tbk
Abstract
Perkembangan dunia saat ini menunjukkan perubahan global yang sangat pesat. Dalam era globalisasi dan liberalisasi perdagangan, kunci untuk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah kualitas. Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas yang mampu memenangkan persaingan global. Total Quality Management (TQM) merupakan salah satu cara untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan berkesinambungan atas kualitas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan organisasi.
PT. Fast Food Indonesia Tbk sebagai salah satu pelopor dalam industri makanan siap saji dituntut untuk mampu mempertahankan keunggulan kualitas produk dan pelayanan. Salah satu pendekatan yang dilakukan perusahaan adalah dengan menerapkan TQM yang pelaksanaannya sejak tahun 1990, namun program TQM hanya diketahui oleh manajemen menengah ke atas. Untuk mengetahui pelaksanaan TQM di perusahaan, maka penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana pemahaman karyawan yaitu manajemen menengah ke bawah terhadap konsep TQM, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman TQM dan mengupayakan langkah-langkah untuk mensosialisasikan TQM di perusahaan.
Penelitian ini hanya membahas kajian penerapan dan pemahaman TQM pada divisi operasional sebagai pelaksana operasional kegiatan pengendalian mutu ..dst