Analisis strategi pengembangan usaha ekspor tuna segar pada PT Perikanan Samodra Besar (Persero), Utan Kayu Utara, DKI Jakarta
Abstract
Ikan tuna merupakan salah satu komoditi andalan ekspor dari sub sektor perikanan Indonesia, potensinya cukup besar dan belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu ikan tuna juga merupakan jenis ikan yang memiliki pangsa pasar yang besar dan harga pasar yang cukup tinggi. Sekitar 95 persen produk ikan tuna dunia dipasok ke kawasan AS, Eropa, Asia Timur termasuk Cina. Sedangkan Jepang menjadi importir ikan tuna terbesar yang menyerap 65 persen produk tuna dunia
Dalam upaya pengembangan usaha ekspor tuna segar bagi Indonesia, khususnya di PT Perikanan Samodra Besar (Persero) yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang penangkapan dan ekspor tuna segar di Indonesia sejak tahun 1973, diperlukan strategi yang tepat yang didasarkan pada lingkungan eksternal maupun internalnya untuk mengetahuui peluang dan kekuatan yang dimiliki perusahaan dalam menghadapi ancaman dan kelemahan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal perusahaan, mengetahui tingkat kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman dan menganalisis strategi terbaik yang dapat diterapkan dalam rangka pengembangan ekspor tuna segar pada perusahaan.
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer didapat dari hasil wawancara langsung dengan obyek penelitian yaitu PT. PSB. Data sekunder didapat dari laporan-laporan PT. PSB berupa laporan tahunan 1996-2000, makalah-makalah PT. PSB dan instansi-instansi yang terkait diantaranya Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Direktorat Jenderal Perikanan, Food and Agricultural Organization (FAO) serta …dst