Penentuan faktor utama sebagai dasar pengelompokan minyak goreng di kota besar Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menentukan faktor yang utama atau dominan sebagai dasar pengelompokan minyak goreng yang beredar di masyarakat, dengan harapan mutu minyak goreng dalam satu kelompok relatif seragam.
Data yang digunakan adalah 30 contoh minyak goreng (berasal dari 25 merek yang berbeda) yang beredar di tujuh kota besar Indonesia. Sedangkan indikator yang digunakan yaitu kadar air, bilangan peroksida, kadar kotoran, bi- langan Iod, kadar asam lemak bebas dan kadar asam lemak jenuh.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis kompo- nen utama dan analisis kelompok nonhierarki dengan metode k-rataan (algoritma Hartigan), sedangkan sebagai pemban- ding digunakan analisis kelompok hierarki pautan rata- rata. Dari enam komponen utama yang diperoleh, hanya tiga yang digunakan karena sudah mampu menerangkan keragaman data sebesar 75.6%. Hasil pengelompokan dengan analisis nonhierarki (metode k-rataan) tidak berbeda jika diban- dingkan dengan analisis hierarki pautan rata-rata yaitu kelompok I ada 17, kelompok II ada 12 dan kelompok III ada satu anggota....