Pemeliharaan marketing road di pemukiman Kota Bunga-Puncak, Cipanas
View/ Open
Date
2001Author
Purwandari, Eva Asri
Arifin, Nurhayati H. S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Kondisi alam lingkungan yang tidak nyaman serta tingkat kejenuhan bekerja yang tinggi di perkotaan telah menyebabkan tingginya kebutuhan akan rekreasi di luar kota, baik di daerah pantai maupun pegunungan. Seiring dengan terjadinya peningkatan permintaan tersebut, pembangunan fasilitas rekreasi yang menunjang semakin ditingkatkan, yang pada akhirnya menyebabkan daerah di luar kota berkembang sebagai tempat tujuan wisata. Untuk daerah Jawa Barat, salah satu tempat yang perkembangannya cukup pesat adalah kawasan Puncak. Selain fasilitas rekreasi, pada daerah ini berkembang pula pemukiman atau villa, untuk menyediakan berbagai fasilitas dalam suatu areal yang nyaman.
Pemukiman Kota Bunga-Puncak di kawasan rekreasi ini merupakan salah satu perumahan yang lebih banyak digunakan sebagai villa, serta dilengkapi dengan fasilitas rekreasi. Untuk menarik minat calon konsumen dan pengunjung, penataan lanskapnya dibuat indah dan menarik terutama pada jalur sirkulasi utama kawasan (marketing road) yang dimaksudkan sebagai display atau etalase kawasan. Penggunaan tanaman semusim yang berbunga dan berwarna semarak merupakan ciri khas dari jalur ini dan dijadikan sebagai perhatian utama dalam kegiatan pengelolaan lanskap kawasan, sehingga menarik untuk dijadikan fokus kegiatan magang.
Kegiatan magang dilakukan dengan bergabung dalam sistem kerja di Divisi Lanskap Estate Management (Pengelola) pemukiman Kota Bunga-Puncak yang merupakan penanggung jawab pemeliharaan lanskap kawasan. Tujuan magang adalah untuk mendapatkan pengalaman praktis dan profesional dalam pengelolaan lanskap kawasan pemukiman tersebut, khususnya pemeliharaan lanskap marketing road. Magang berlangsung selama empat bulan, terhitung sejak 15 Februari sampai dengan 15 Juni 2000. Metode kerja yang dilakukan mencakup partisipasi aktif, observasi lapang, wawancara serta studi pustaka…dst