Analisis Perrnintaan Berdasarkan Preferensi terhadap Karakteristik lkan Laut Segar di Pasar Kebon Kernbang, Kota Bogor, Jawa Barat
Abstract
Suatu penelitian tentang analisis permintaan berdasarkan preferensi terhadap karakteristik ikan laut segar di Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor telah dilakukan, yaitu untuk mengetahui profil konsumen berdasarkan preferensi terhadap karakteristik ikan laut segar dan mengetahui pengaruh karakteristik ikan laut 'segar beserta faktor-faktor ekonomi terhadap permintaan konsumen. Pada prinsipnya penelitian ini rnenggabungkan teori atribut dan permintaan. Metode analisis data yarlg digunakan adalah Linear Regression data Considerations deilgan Transformasi Ln, kemudian model dievaluasi berdasarkan kriteria ekonomi, statistik dan ekonometrik. Hasil penelitian menunjukan (1) profil konsumen berdasarkan preferensi terhadap karakteristik ikan laut segar relatif beragam ditinjau dari jenis kelamin, usia, jumlah anggota keluarga, pekerjaan, pendidikan dan pendapatan, (2) konsumen dibatasi harga dan pendapatan pada saat melakukan per~nintaan ikan laut segar. (3) kebenaran teori atribut dapat dibuktikan. Penelitian ini dapat dimanfaatkan dalam perencanaan dan tindakan pasar untuk meminimalksr! resiko yang mungkin terjadi