Analisis pemasaran susu sapi perah dan perkebunan usaha koperasi : studi kasus pada koperasi produksi susu dan peternakan sapi perah Bogor
View/ Open
Date
1991Author
Asfihany, Mida
Sanim, Bunasor
Brotosunarjo, Otto
Metadata
Show full item recordAbstract
Praktek Lapang ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keadaan umum Koperasi Produksi Susu dan Peternakan Sapi Perah Bogor (KPS-Bogor), (2) Mempelajari usaha pemasaran susu sapi perah melalui KPS-Bogor dengan menganalisa biaya dan marjin pemasaran susu dan (3) Menganalisa perkembangan usaha KPS-Bogor melalui analisa laporan keuangan, analisa pertumbuhan usaha model Baker dan Hopkins, analisa titik impas dan analisa manfaat Koperasi.
Metode yang digunakan dalam praktek lapang ini adalah studi kasus. Penentuan lokasinya dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Koperasi Produksi Susu dan Peternakan Sapi Perah Bogor (KPS-Bogor). Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder.
Untuk analisa manfaat KPS-Bogor, dilakukan studi kasus di 3 kelompok anggota KPS-Bogor, yaitu Kelompok Subur Kencana, Bahagia dan Makmur di wilayah Kecamatan Semplak Kabupaten Bogor. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah secara acak distratifikasi berdasarkan jumlah satuan ternak yang dimiliki anggota.