Analisis Strategi pemasaran sosis pada PT.Badranaya
Abstract
Satu hal yang menggembirakan dunia usaha peternakan adalah adanya peningkatan sumbangan sub-sektor peternakan terhadap sektor pertanian, berdasarkan harga konstan tahun 1996-1998 yaitu berkisar antara 10 sampai 11 persen atau sebesar 1.8 persen terhadap Produk Domestik Bruto Nasional (Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan, 2001). Selain itu dapat juga dilihat pada perkembangan konsumsi protein hewani nasional dan per kapita yang berasal dari daging dalam dua tahun terakhir yakni tahun 1999 dan 2000, meningkat dengan pertumbuhan mencapai 5.5 persen untuk konsumsi nasional dan 10.5 persen untuk konsumsi per kapita.
Produksi makanan olahan termasuk didalamnya daging olahan yakni sosis merupakan salah satu alternatif makanan pilihan dalam kecenderungan pola konsumsi masyarakat perkotaan yang modern. Hal ini karena sosis mudah cara memasaknya dan memiliki kandungan rasa yang sesuai dengan selera masyarakat. Produk daging olahan disamping memiliki banyak pilihan jenis maupun rasanya juga lebih tahan lama dibanding daging segar. Selain hal-hal tersebut dengan mengkonsumsi daging olahan masyarakat tetap dapat memperoleh protein hewani yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal serta merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi pemasaran sosis Badranaya. Penelitian dilaksanakan di PT. Badranaya Putra yang berlokasi di jalan Aceh No. 71A Kotamadya Bandung, Jawa Barat. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive). Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli Agustus 2002...