Analisis Efisiensi Pemasaran Rotan Dari Kalimantan Tengan Ke Kalimantan Selatan : Studi Kasus Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Selatan
Abstract
Perkembangan rotan saat ini menunjukkan adanya perhatian baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Коmoditi ini mempunyai nilai ekonomis yang sangat strategis dan penting karena rotan laku dipasaran luar negeri. Dari sekian banyak komoditi hasil ikutan Indonesia yang diekspor ke luar negeri terlihat rotan merupakan komoditi yang menduduki urutan ke satu. Dari perolehan devisa propinsi Kalimantan Selatan, komoditi rotan menduduki urutan ke tiga setelah karet dan kayu. Disamping itu rotan mempunyai peran sosial dimana rotan merupakan sumber mata pencaharian masyarakat petani, pedagang pengumpul, pengrajin dan industri-industri pengolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skema arus komoditi rotan (flow of goods) mulai dari pemungut (produsen) rotan sampai dengan konsumen akhir yaitu industri pengolah lampit rotan, mengetahui fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran, menganalisis marjin pemasaran rotan dengan mempergunakan analisis penyebaran marjin pemasaran serta melihat hubungan harga di tingkat pemungut dan konsumen dengan mempergunakan analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi harga dan elastisitas transmisi harga. Berdasarkan tujuan- tujuan tersebut dapat dilihat sampai sejauh mana efisiensi pemasaran rotan dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Selatan...