Analisa perilaku konsumen mi kering non-instan sebagai suatu dasar strategi produk dan promosi "mi ayam putih" di Jakarta : kasus 30 konsumen mi kering non-instan
View/ Open
Date
1992Author
Afandi, Rudy
Sanim, Bunasor
Saefuddin, A.M.
Metadata
Show full item recordAbstract
Topik penelitian ini diambil karena ketertarikan peneliti untuk membuat suatu strategi produk dan promosi yang berorientasi pada perilaku konsumen. Perusahaan- perusahaan besar seperti P&G, Unilever, IBM selalu mendasarkan strategi pemasarannya pada preferensi konsumen. Dengan mengambil kasus lambannya pertumbuhan produk Mi Ayam Putih (MAP) dan 30 responden mi kering non-instan di Jakarta, penelitian ini bertujuan menganalisa perilaku konsumen target MAP dan membuat alternatif strategi produk dan promosi MAΡ.
Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori- teori perilaku konsumen yang dikaitkan dengan teori-teori manajemen pemasaran. Selain menggunakan uji rank Spearman, pola perilaku konsumen dianalisa dengan tabulasi silang maupun deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara tahap-tahap keputusan pembelian mi kering non-instan dengan beberapa faktor internal maupun eksternal individu konsumen...