Analisis strategi pemasaran Doc Final Stock pedaging suatu studi kasus pada sebuah perusahaan pembibitan ayam ras di Bogor
View/ Open
Date
1992Author
Bhariana, Meike
Mudikdjo, Kooswardhono
Setyono, Dwi Joko
Metadata
Show full item recordAbstract
Dewasa ini agribisnis peternakan ayam ras telah berkembang semakin komplek yang meliputi kegiatan pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Dalam komponen pra-produksi, kegiatan usaha yang penting adalah kegiatan menghasilkan petelur dan pedaging. bibit ayam
Permasalahan pemasaran babit ayam (DOC) merupakan masalah dapat menghambat kelancaran usaha pembibitan. Masalah tersebut antara lain karena over supply dan karena ketergan- tungan terhadap situasi pasar khususnya ditingkat peternak komersial. yang
Fenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui trend produksi perusahaan dan fluktuas1 jangka pendeknya, (2) Mengetahui trend penjualan dan harga jual DOC Starbro perusahaan mengetahui hubungan antara tingkat penjualan, produksi untuk dan harga jual dan (3) Mengetahui strategi pemasaran yang diterap- kan oleh perusahaan.
Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Juni 1992 di sebuah perusahaan pembibitan dan penetasan. berlokasi di kedung Halang, Bogor. avam ras yang
Metode yang digunakan adalah studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder berupa data selama bulan Juni 1987 sampai dengan bulan Maret 1992. bulanan
Data dengan yang terkumpul ditabulasi. diplotkan dan dianalisis metode pemulusan rataan bergerak tunggal (simple
moving
average) orde 4. Untuk melihat ketepatan peramalan
dilakukan uii dengan statistik Durbin-Watson (DW).
Analisis trend dilakukan dengan regresi sederhana. han data aktual adalah: Pertumbu
Vt = Vo (1+r)t.
Vt volume pada periode ke-t, Vo volume pertumbuhan dan t waktu dalam bulan. awal, r laju
Hasil hir, penelitian menunjukkan bahwa selama lima tahun terak- perkembangan volume penjualan DOC FS broiler cenderung mengikuti Gerakan siklus yang sama dengan produksinya
Collections
- UT - Agribusiness [4624]