Pola Pemasaran Komoditi Pertanian (Khususnya Padi dan Ubi Kayu) : Studi Kasus DAS Citanduy, Model Farm Sadabumi, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Abstract
Praktek Lapang ini dilakukan di desa Sadabumi, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah selama lebih kurang satu bulan, mulai tanggal 12 Februari sampai dengan 12 Maret 1985.
Tujuan Praktek Lapang adalah untuk mengetahui perkembangan Model Farm Sadabumi dalam meningkatkan produksi pertanian dan pengaruhnya terhadap peningkatan pendapatan petani. Kemudian melihat penanganan pasca panen di tingkat petani dan melihat pemasaran hasilnya. Guna mencapai tujuan tersebut, data dan informasi ditelusuri dari petani hingga lembaga pemasaran contoh.
Titik berat tulisan ini adalah penelusuran pemasaran komoditi pertanian, akan tetapi karena keterbatasan waktu, dana, tenaga dan pikiran maka diambil hanya dua komoditi yang memiliki peranan penting dalam perekonomian petani peserta Model Farm dan di hasilkan dari lahan tersebut. Komoditi dengan produksi melimpah adalah padi dan ubi kayu, maka komoditi ini yang dilihat perkembangan pemasarannya. Sedangkan komoditi pertanian lainnya sebagai pen- dukung pendapatan usahatani, diharapkan dapat terwakili oleh dua komoditi padi dan ubi kayu dalam pengembangan pemasarannya.
Khusus untuk desa Sadabumi, dengan adanya perbaikan jalan penghubung antara desa dengan daerah Ciawi diharapkan dapat meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat setempat.