Pemasaran minuman segar sebagai produk baru pada PT Mustika Ratu : studi kasus pada PT Mustika Ratu, Jakarta
Abstract
Tujuan Praktek Lapang ini adalah untuk mempelajari Mustika Ratu sebagai perusahaan yang menghasilkan PT minuman segar sebagai produk baru dan bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT Mustika Ratu, khususnya Divisi Minuman Segar Mustika Ratu, serta dipelajari perkembangan penjualan minuman segar Mustika Ratu untuk dibuat peramalan penjualannya di masa yang akan datang.
Informasi dikumpulkan dari data primer dan data sekunder. Informasi mengenai keadaan perusahaan, pemasaran produk dan keadaan pesaing diperoleh dari data primer dengan wawancara langsung. Informasi tentang keadaan konsumen dan data-data yang menunjang praktek lapang ini diperoleh dari data sekunder.
Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dan tabulasi. Selain itu dilakukan perhitungan dengan tehnik analisa vertikal dan komparatif pada Laporan Rugi Laba Divisi Minuman Segar Mustika Ratu serta perhitungan trend penjualan dengan menggunakan analisa regresi sederhana.
Kendala yang dihadapi perusahaan dalam memasarkan produk baru ke pasar adalah perlunya strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing dengan merek-merek yang telah ada dan telah memiliki posisi yang kuat di pasaran. Divisi Minuman Segar Mustika Ratu merupakan cabang usaha PT Mustika Ratu yang baru bagi pasaran produk minuman.
Beberapa jenis produk yang ditawarkan tergolong jenis baru bagi pasar. Kurangnya pengetahuan pihak perantara pemasaran dan konsumen adanya produk minuman segar Mustika Ratu, membuat pemasaran agak terhambat...