Analisis usahatani dan pemasaran salak di Tasikmalaya : Studi kasus di desa pasir mukti, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalya
View/ Open
Date
1992Author
Pujiarti, N. Evi
Asmarantaka, Ratna W.
Suryana, Rita N.
Metadata
Show full item recordAbstract
Salak merupakan tanaman asli Indonesia yang sangat populer dan mempunyai prospek yang baik. Berdasarkan Data Direktorat Jendral Pertanian Tanaman Pangan (1990), komo- ditas hortikultura yang dipandang mempunyai prospek baik untuk dikembangkan dari jenis buah-buahan terbagi dalam tiga kelompok. Salak termasuk ke dalam kelompok kedua yang mempunyai prospek yang cukup baik untuk dikembangkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Melihat
karakteristik Usahatani Salak di sentra produksi salak di
Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan penguasaan lahan, (2)
Mempelajari saluran pemasaran, lembaga pemasaran yang
terlibat dalam pemasaran salak dan fungsi yang dilakukan
masing-masing lembaga pemasaran tersebut serta menilai
efisiensi pemasaran salak dengan melihat marjin pemasaran,
(3) Mempelajari permasalahan dalam peningkatan produksi
dan pemasaran salak yang dialami petani dan lembaga pema-
saran yang terlibat dalam pemasaran salak serta memberikan
alternatif pemecahan masalah. ...