Peran Medai Sosial dalam Peningkatan Pengunjung Desa Wisata Kelawi Minang Rua Lampung Selatan
Abstract
Pemerintah saat ini tengah mengembangkan sektor pariwisata, mengingat sektor tersebut dianggap mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi negara. Rendahnya minat pengunjung menjadi permasalahan, untuk meningkatkan pengunjung ini dengan melakukan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan contohnya yaitu promosi menggunakan media sosial. Tujuan dari penelitian yaitu mengidentifikasi karakteristik konsumen, kemampuan dan kapasitas pengelola desa wisata untuk mempromosikan desa wisata, dan mengidentifikasi peran media sosial dalam upaya peningkatan pengunjung desa wisata menggunakan model AISAS (attention, interest, search, action dan share). Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dengan responden sebesar 66 orang dan dilengkapi dengan data kualitatif dari wawancara mendalam serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara karakteristik konsumen dengan peran media sosial untuk promosi desa wisata, untuk kemampuan dan kapasitas pengelola desa wisata menunjukkan hasil yang tak optimal untuk dapat mempromosikan desa wisata, dan peran media sosial dalam mempromosikan desa wisata sangat dibutuhkan untuk pengembangan desa wisata Kelawi Minang Rua agar dikenal khalayak publik.