Respon mahasiswa terhadap tayangan iklan produk minuman berenergi di televisi : studi kasus mahasiswa strata 1, Institut Pertanian Bogor
View/ Open
Date
2006Author
Ariyanti, Rika Melissa
Hubeis, Aida Vitala S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peluang bisnis di sektor minuman berenergi yang tetap menggiurkan yang dicirikan oleh permintaan akan produk-produk minuman berenergi yang juga terus meningkat. Maraknya tayangan iklan produk minuman berenergi di televisi, merupakan bagian dari rangkaian promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis respon mahasiswa terhadap tayangan iklan produk minuman berenergi di televisi, menganalisis perbedaan respon mahasiswa terhadap tayangan iklan produk minuman berenergi di televisi berdasarkan jenis kelamin, serta menganalisis hubungan keterdedahan individu dengan respon mahasiswa terhadap tayangan iklan produk minuman berenergi di televisi. Respon mahasiswa terhadap iklan produk minuman berenergi dilihat dari aspek kognisi, afeksi dan konasi.
Penelitian dilaksanakan di Kampus Darmaga Institut Pertanian Bogor, yang meliputi lima fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Fakultas Peternakan Penelitian lapangan dilaksanakan pada bulan Oktober 2005. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random serta kesukarelaan responden untuk menjawab pertanyaan. Jumlah responden yang diambil adalah 60 orang, dengan proporsi 30 orang laki-laki dan 30 orang perempuan. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara. Data sekunder dikumpulkan dari literatur yang relevan dengan penelitian ini. ...