Analisis Strategi Pengembangan Usaha Yoghurt Pada Rinadya Yoghurt, Kabupaten Bogor
Abstract
Usaha Kecil Menengah (UKM) ,merupakan salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia karena telah terbukti mampu bertahan pada masa krisis ekonomi.Sektor industri pengolahan merupakan salah satu sector uang banyak dilakukan oleh UKM, yaitu sebesar 6,49 persen pada tahun 2007. industri makanan dan minuman siap saji merupakan bagian dari sector industri pengolahan. Perkembangan ondustri makanan dan minuman tidak terlepas dari adamya perubahan pola konsumsi yang ditumjukkan dengan adanya peningkatan pengeluaran penduduk Indonesia terhadap makanan dan minuman jadi. Produk minuuman dalam perkembangannya dapat diproduksi dari berbagai macam bahan baku salah satunya adalah susu. Seiring dengan konsumsi susu yang meningkat, produk susu olahanpun juga semakin berkembang, yaitu dengan diolah menjadi yoghurt. Yoghurt merupakan minuman yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Kabupaten Bogor juga tidak terlepas dari perkembangan usaha yoghurt. Seiring dengan bertambahnya jumlah produsen yoghurt akan berimplikasi terhadap tingkat persaingan yang semakin tinggi diantara perusahaan yoghurt.Rinadya yoghurt merupakan salah satu produsen yoghurtdi Kabupaten Bogor. Tingginya persaingan ini menjadi salah satu factor bagi perusahaan untuk melakukan pengembangan usaha. Tujuan peneltian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor lingkungan internal Rinadya Yoghurt, (2) Menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal Rinadya Yoghurt. (3) Merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan pihak Rinadya Yoghurt. Penelitian ini dilaksanakan di Rinadya Yoghurt yang terletak di Bukit Asri Ciomas Blok A No. 5, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor.Waktu penelitian dilakukan selama bulan Maret Sampai Mei 2009. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana pemilihan responden dilakukan secara sengaja. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, yaitu dua dari pihak internal dan satu dari pihak eksternal. Pihak internal meliputi pemilik dan karyawan, sedangkan pihak eksternal adalah Kepala Dinas Perindustrian Bogor. Adanya keterlibatan pihak eksternal dalan penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan alternatif strategi yang lebih objektif. Metode pengolahan dan analisis data terdiri dari analisis deskriptif,dan analisis tiga tahap formulasi strategi. Alat bantu analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi adalah matriks IFE, matriks EFE,matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSP. Matriks IFE dan EFE menunjukkan total bobot skor rata-rata sebesar 2,738 dan 2,800. Hasil analisis matriks IE menggambarkan posisi Rinadya Yoghurt berada pada posisi V, yaitu tahap hold and maintain..Kemudian dari matriks SWOT diperoleh sembilan alternatif strategidan dari hasil matriks QSP diperoleh prioritas strategibagi Rinadya yoghurt berturut-turut, yaitu (1) memanfaatkan skim kredit yang ditawarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kapasitas produksi sehingga dapat memenuhi permintaaan konsumen ( STAS = 6,289), (2) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas/ mutu produk yoghurt untuk memenuhi permintaan konsumen atau pasar,(3) Meningkatkan diferensiasi produk yoghurt yang berkualitas dengan terus melakukan upaya inovasi untuk menghadapi pesaing dan pendatang baru, (4) Memperluas wilayah distribusi produk dan memperluas pasar untuk meningkatkan penjualan ,(5) Memperbaiki kemasan dengan memberikan merek dan labelisasi halal dari dinas keamanan pangan terkait, (6) Mempertahankan tingkat harga bersaing dan pelayanan kepada konsumen untuk menghadapi persaingan,(7) Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),(8) Mempertahankan hubungan baik dengan pekerja, pelanggan, maupun dinas terkait untuk menjaga kontinuitas usaha, serta (9) Melakukan pengaturan dalam pengalokasian keuangan perusahaan
Collections
- UT - Agribusiness [4618]