Hubungan karakteristik personal dan respons khalayak pendengar terhadap informasi flu burung, Avian influenza pada siaran radio pertanian Ciawi, Bogor
View/ Open
Date
2006Author
Maharani, Farrah Kartika
Saleh, Amiruddin
Hamdani, Chidmat
Metadata
Show full item recordAbstract
Cepatnya penyebaran wabah flu burung (AI) di Indonesia dan karena sifatnya yang mampu menular ke manusia memunculkan kekhawatiran masyarakat karena kurangnya informasi dari pemerintah tentang wabah ini. Akibatnya banyak masyarakat yang tidak mau lagi mengkonsumsi daging unggas. Pemusnahan unggas yang tidak terkontaminasi wabah Al secara sepihak oleh masyarakat mengakibatkan banyak peternak skala rumah tangga mengalami kerugian.
RPC menyiarkan informasi sejelas-jelasnya mengenai Al dengan tujuan agar pendengar RPC tahu dan tidak bingung lagi tentang bagaimana virus AI menyerang, bekerja dan bisa dimusnahkan. RPC juga menginginkan dengan adanya siaran mengenai Al ini, pendengar RPC tidak takut lagi akan ancaman flu burung dan mampu bersikap dengan bijak dalam menghadapi flu burung yang sedang mewabah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi karakteristik personal khalayak pendengar RPC, (2) mengetahui respons khalayak pendengar RPC terhadap informasi Al dan (3) menguji hubungan antara karakteristik khalayak pendengar RPC dengan respons yang diberikan terhadap informasi AI.
Penelitian ini berlangsung selama satu bulan dari tanggal 28 April sampai 28 Mei 2006 di Radio Pertanian Ciawi. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota RPC fans-club yang berjumlah 82 orang. Sampel khalayak pendengar sebanyak 45 orang dipilih dengan metode Cluster Random Sampling dari anggota RPC fans club. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan korelasional rank Spearman.
Karakteristik personal khalayak pendengar RPC, umumnya berumur antara 14- 29 tahun, berpendidikan formal SLTP, belum bekerja, dengan pendapatan perbulan sebesar Rp.100.000-Rp.800.000 dan telah terdedah terhadap siaran radio dengan frekuensi mendengarkan siaran radio RPC sebanyak 2-3 kali sehari.
Rataan skor respons pengetahuan khalayak pendengar RPC terhadap informasi Al adalah tinggi, karena RPC sering menyiarkan acara dialog dan iklan layanan masyarakat mengenai Al setiap hari pada setiap program acaranya, sedangkan respons sikap khalayak pendengar RPC terhadap informasi Al cenderung sedang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sangat nyata (p<0,01) antara pendidikan formal dan pekerjaan dengan respons pengetahuan khalayak pendengar RPC, hubungan nyata (p<0,05) antara umur dan pendapatan dengan respons pengetahuan khalayak pendengar RPC. Terdapat hubungan sangat nyata (p<0,01) antara pendidikan formal, pekerjaan dan pendapatan dengan respons sikap khalayak pendengar; serta hubungan nyata (p<0,05) antara umur dan keterdedahan terhadap siaran radio dengan respons sikap khalayak pendengar RPC.
Collections
- UT - Agribusiness [4624]