Analisis Persepsi dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerapan Perilaku Konsumsi Hijau pada Konsumen Kedai Kopi Little Talk
Abstract
Meningkatnya model bisnis indsutri pangan di Indonesia yang perlu
didisrupsi dengan menghadirkan inovasi yang lebih ramah lingkungan seperti
substitusi bahan kemasan yang tidak ramah lingkungan. Konsumen bijak sebelum
melakukan pembelian suatu produk akan memikirkan terlebih dahulu dampak dari
produk yang dikonsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengdentifikasi
persepsi konsumen (generasi Z) terhadap produk hijau yang disajikan di kedai
kopi Little Talk dan menganalisis pengaruh pengetahuan lingkungan, sikap
lingkungan dan produk hijau terhadap penerapan perilaku konsumsi hijau ketika
mengunjungi kedai kopi Little Talk. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan skala likert dan
Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan
software SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan konsumen (generasi Z) setuju
dengan produk hijau yang disajikan oleh kedai kopi Little Talk. Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis sikap lingkungan berpengaruh signifikan terhadap produk
hijau dan perilaku konsumsi hijau, sedangkan pengetahuan lingkungan tidak
berpengaruh signifikan terhadap sikap lingkungan, produk hijau, dan perilaku
konsumsi hijau. Dengan demikian perlu peningkatan pengetahuan konsumen
(generasi Z) terhadap lingkungan untuk mendorong peningkatan perilaku
konsumsi hijau. The increasing business model of the food industry in Indonesia needs to
be disrupted by presenting more environmentally friendly innovations such as
substituting packaging materials that are not environmentally friendly. Wise
consumers before purchasing a product will first think about the impact of the
products they consume. This study aims to identify consumer perceptions
(generation Z) of green products served at Little Talk coffee shops and analyze
the influence of environmental knowledge, environmental attitudes and green
products on the application of green consumption behavior when visiting Little
Talk coffee shops. The data analysis method used in this research is quantitative
descriptive analysis with a Likert scale and Structural Equation Modeling -
Partial Least Square (SEM-PLS) with the help of SmartPLS4 software. The results
showed that consumers (generation Z) agree with the green products served by
Little Talk coffee shops. Based on the results of hypothesis testing, environmental
attitudes have a significant effect on green products and green consumption
behavior, while environmental knowledge has no significant effect on
environmental attitudes, green products, and green consumption behavior. Thus,
it is necessary to increase consumer (generation Z) knowledge of the environment
to encourage increased green consumption behavior.