Keputusan melakukan pembelian dan jumlah pembelian roti unyil venus serta faktor-faktor yang mempengaruhinya
Abstract
Perusahaan Venus merupakan salah satu perusahaan roti di Kota Bogor yang
sangat terkenal dan sukses dengan produk utama roti unyil. Walaupun kesuksesan
Venus memproduksi roti unyil diikuti oleh perusahaan roti lainnya, tetapi perusahaan
Venus tetap lebih disukai dan lebih banyak dikunjungi konsumen dibandingkan dengan
perusahaan-perusahaan pesaingnya.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui karakteristik konsumen roti unyil
Venus, (2) mempelajari alasan konsumen lebih memilih roti unyil Venus daripada roti
unyil non Venus, (3) mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi proses
pengambilan keputusan pembelian roti unyil Venus, dan (4) mempelajari faktor-faktor
yang mempengaruhi jumlah pembelian roti unyil Venus.
Penelitian ini dilakukan pada tiga lokasi penjualan roti unyil Venus dan non
Venus yaitu Jalan Siliwangi, Jalan Surya Kencana, dan Jalan Merdeka, di Kota Bogor.
Penelitian lapangan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan yaitu bulan MaretApril 2005. Analisis data dilakukan secara deskriptif, dengan regresi logistik, dan
regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian roti unyil
Venus yang pertama kali dilakukan oleh konsumen melalui tahap-tahap pengenalan
kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian, dan perilaku
pasca pembelian. Tetapi untuk konsumen yang telah sering membeli tidak keseluruhan
tahapan proses dilalui dalam pengambilan keputusan pembelian roti unyil Venus.
Keputusan konsumen dalam membeli roti unyil Venus atau non Venus
dipengaruhi oleh faktor umur, pekerjaan, manfaat, alasan, dan kepuasan. Sedangkan
jumlah pembelian roti unyil Venus dipengaruhi oleh faktor pendapatan, jumlah anggota
keluarga, selera konsumen dan tingkat pendidikan.
Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel yang
mempengaruhi proses keputusan pembelian dan jumlah pembelian seperti variabel etnis,
variasi ukuran kemasan, ataupun variabel lainya. Bagi pihak perusahaan Venus
sebaiknya mempertimbangkan setiap tahapan yang dilalui konsumen dalam proses
keputusan pembelian roti unyil Venus agar lebih meningkatkan penjualan roti unyil
Venus.