Motivasi remaja menonton program acara ajang cari bakat di televisi : kasus mahasiswa tingkat persiapan bersama Institut Pertanian Bogor, tahun Akedemik 2004-2005
Abstract
yang bertujuan untuk mencari bakat. Hampir semua televisi di Indonesia memiliki program acara tersebut. Program acara ini melibatkan khalayak secara langsung sebagai juri yang menentukan siapa yang akan menjadi juara disetiap acara yang ditayangkan. Keterlibatan khalayak ini melalui SMS dan telepon. Program acara ini mampu menarik perhatian masyarakat, terutama remaja. Hampir disetiap stasiun televisi, program acara seperti ini memiliki ratting yang tinggi. Ketertarikan masa tidak hanya terbatas pada menonton saja, mereka juga ikut memberi dukungan melalui SMS, sehingga mengorbankan uang dan waktu mereka. Oleh karena fenomena tersebut maka diduga bahwa acara tersebut juga berpengaruh pada kegiatan sehari-hari dari masyarakat, terutama remaja yang masih bersekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengkaji karakteristik remaja dalam menonton program acara ajang mencari bakat di televisi, (2) Mengkaji motivasi remaja dalam menonton program acara ajang mencari bakat di televisi, dan (3) Mengkaji hubungan antara karakteristik remaja dengan motivasi remaja dalam menonton program acara ajang mencari bakat di televisi.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan 41. Pengumpulan data di lapangan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, yaitu pada bulan Januari sampai Febuari 2005. Berdasarkan jumlah mahasiswa TPB, dipilih secara acak sistematis (systematic Random Sampling) mahasiswa yang akan menjadi responden, yaitu 85 orang. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang terkumpul dari responden melalui pengisian kuisioner (daftar pertanyaan) dan wawancara dengan informan yaitu pengelola asrama, dan beberapa mahasiswa senior (SR) yang ada di asrama. Selain itu juga dilakukan focus group discussion (FGD) untuk mendukung kuisioner dan mendapatkan informasi lebih banyak dari responden. ...