Analisis perilaku konsumen dan implikasinya pada strategi bauran pemasaran restoran tradisional : studi kasus di restoran galuga 3, Kota Bogor)
Abstract
Perubahan gaya hidup masyarakat kota yang dewasa ini semakin variatif dipengaruhi oleh peningkatan pendapatan di beberapa sektor. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya aktivitas masyarakat yang dilakukan di luar rumah dan secara tidak langsung mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Masyarakat saat ini lebih menyukai hal-hal yang bersifat praktis dan cepat sají. Beberapa perusahaan mencoba memanfaatkan fenomena ini dengan mendirikan restoran. Perkembangan restoran di Kota Bogor pada tahun 1994 adalah sebanyak 67 restoran dan pada tahun 2004 menjadi 235 restoran. Seiring dengan pesatnya perkembangan restoran di Kota Bogor, berbagai jenis restoran semakin bervariatif dalam menyediakan berbagai jenis menu. Jumlah restoran yang semakin banyak menimbulkan persaingan usaha yang semakin ketat antara restoran yang satu dengan yang lainnya. Persaingan ini menuntut pengusaha restoran untuk menjalankan strategi yang berorientasi kepada konsumen melalui tindakan pembelian mereka.
Dari seluruh jumlah restoran yang ada di Kota Bogor, Galuga 3 merupakan salah satu restoran yang menyediakan makanan tradisional khas Jawa Barat, berupa ayam kampung panggang. Restoran Galuga 3 merupakan cabang dari Restoran Galuga yang sudah berdiri sejak tahun 1995. Untuk mempertahankan konsumen yang telah diraih dan memperluas pangsa pasar, maka diperlukan sebuah penelitian mengenal perilaku konsumen Restoran Galuga 3. Penelitian ini dapat dilakukan dengan menganalisis perbandingan antara tingkat kepentingan dengan tingkat kinerja yang diberikan oleh atribut Restoran Galuga 3 kepada konsumen. Selain analisis tersebut, analisis mengenai atribut paling ideal yang diharapkan konsumen perlu diketahui untuk melakukan prioritas dalam perbaikan kinerja. Berdasarkan uraian tersebut di atas, penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi karakteristik umum konsumen Restoran Galuga 3, (2) menganalisis tahapan proses pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan konsumen Restoran Galuga 3, (3) menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut serta atribut apa saja yang diharapken idea! oleh konsumen Restoran Galuga 3, dan (4) menyusun alternatif strategi bauran pemasaran yang tepat bagi Restoran Galuga 3 untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya. ...