Kajian sistem penjualan dan distribusi gondorukem dan tepentin : Studi kasus di Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah
View/ Open
Date
1996Author
Andriani K.S., Agnes
Mashar, M.Chamim
Hariadi K.
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertumbuhan industri didalam maupun diluar negeri, terutama petumbuhan industri kertas yang sekarang ini menjadi pengguna utama produk gondorukem menyebabkan per- kembangan pemasaran gondorukem dan terpentin oleh Perum Perhutani berkembang dengan pesat. Kontribusi nilai penjualan gondorukem dan terpentin dalam negeri terhadap total nilai produk industri hasil hutan non kayu di Perum Perhutani adalah sebesar 75.9% atau 5.47 % dari total nilai semua produk Perum Perhutani. Sedangkan untuk penjualan ekspor produk gondorukem dan terpentin mencapai 99.45% dari total ekspor produk industri hasil hutan non kayu, atau 57,58 % dari total ekspor semua produk Perum Perhutani. Dengan peningkatan pemasaran gondorukem dan terpentin tersebut maka dibutuhkan suatu manajemen pemasaran yang lebih baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemasaran gondorukem dan terpentin di Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah selama lima tahun terakhir (1991-1995), dan mengkaji sistem penjualan, kegiatan distribusi dan rantai pasar gondorukem dan terpentin di Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.
Dalam penelitian ini data-data yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh dengan cara wawancara langsung dengan staf Biro Pemasaran Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah, dan data sekunder yang diperoleh dari data-daata statistik Perum Perhutani dan literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Data-data tersebut disajikan dalam bentuk tabulasi dan dianalisa dengan analisa diskriptif..dst.
Collections
- UT - Forest Management [2977]