Evaluasi produk rokok untuk menyusun strategi pengembangan
View/ Open
Date
1998Author
Tanuji, Hadi
Wijayanto, Hari
Masjkur, Mohammad
Shadry, Fahmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Rokok adalah bisnis yang menjanjikan keuntnngan berlipat. Maka sangat wajar jika terjadi persaingan yang sangat ketat antar produsen rokok nntnk menguasai pasar. Agar memperoleh kemajuan dalam usahanya tersebut, masing-masing produsen harus mengikuti perkembangan pasar setiap saat atau dia akan hancur.
Dalam penelitian ini dipelajari kekuatan dan kelemahan produk rokok untuk menyusun strategi pengembang;m. Strategi pengembang;m diarahkan untuk mempertahankan konsumen yang dimiliki dan memotivasi konsumen produk rokok lain untuk membeli. Dalam ha! ini, rokok merek LA Lights dipilih sebagai objek yang akan dikembangkau. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode Thurstonian dan analisis Biplot.
Informasi penting yang dapat diambil dari hasil analisis adalah beberapa alternatif pengembang;m bagi LA Lights, yang meliputi atribut harga terjangkau, rasanya pas, mudah dibeli, resiko lebih rendah terhadap kesehatan dan tidak menyesakkan pernafasan.