Chernoff faces untuk menampilkan hasil pengelompokan propinsi berdasarkan karakteristik koperasi
View/ Open
Date
1999Author
Adipurna, Asep
Sumertajaya, I.Made
Martono, Totong
Metadata
Show full item recordAbstract
Koperasi merupakan salah satu bentuk usaha yang berlandaskan atas ekonomi kerakyatan. Pada era reformasi ini peranan koperasi diharapkan mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan usaha di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan propinsi-propinsi di Indonesia berdasarkan karakteristik koperasi. Analisis Komponen Utama digunakan untuk mereduksi peubah yang saling berkorelasi menjadi peubah barn yang tidak saling berkorelasi. Empat komponen ditentukan karena dianggap cukup dengan menerangkan keragaman data asal sebanyak 82, 9%. Kemudian dilakukan analisis gerombol metode hirarki dengan metode pautan lengkap untuk memperbaiki jarak . Ukuran jarak yang digunakan adalah jarak euclid.
Hasil pengelompokan memberikan enam buah kelompok propinsi. Selanjunya enam kelompok tersebut disajikan dalam bentuk Chernoff faces. Setiap kelompok memiliki karakteristik wajah tersendiri. Kelompok satu dan dua memiliki besar kepala yang hampir sama serta mencerminkan muka yang masam dengan mata yang kecil. Berbeda dengan kelompok lima yang memiliki kepala lebih besar, senyum yang lebar serta mata yang besar. Kelompok enam walaupun memiliki mata yang kecil tetapi menampilkan senyum yang lebar serta posisi telinga yang agak keatas. Ekspresi wajah yang dihasilkan ditentukan oleh sifat wajah yang mewakili peubah-peubah yang digunakan. Peubab yang menjadi perhatian ulanla untuk diamati diasosiasikan dengan sifat wajah yang mudah untuk diamati.