Analisis saluran pemasaran produk perikanan laut di DKI Jakarta
Abstract
Potensi perikanan laut Indonesia yang terdiri atas potensi perikanan pelagis
dan perikanan demersal. Potensi tersebut tersebar pada hampir semua bagian
perairan laut Indonesia yang meliputi perairan laut teritorial, perairan laut
nusantara dan perairan laut Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Luas perairan laut
Indonesia diperkirakan sebesar 5,8 juta km² dengan garis pantai terpanjang di
dunia sebesar 81.000 km dan gugusan pulau-pulau sebanyak 17.508 yang
memiliki kekayaan akan potensi perikanan. Saat ini Indonesia menempati urutan
keenam negara produsen ikan terbesar di dunia, setelah Cina, Peru, India, Jepang
dan Amerika Serikat. Perhatian terhadap perikanan semakin besar, hal ini antara
lain ditunjukkan oleh penetapan tahun 2004-2005 sebagai tahap persiapan
memantapkan dasar gerakan perikanan nasional. Beberapa program yang akan
dipilih untuk dikembangkan, di antaranya adalah industri tambak udang di Jawa
Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan. Kemudian, pengembangan usaha
perikanan tangkap skala kecil di 30 provinsi serta penyelamatan nilai ekonomi
illegal fishing sebesar 2-4 miliar dolar Amerika per tahun (Departemen Perikanan
dan Kelautan, April 2004). ...