Analisis Penentuan Posisi Produk (Product Positioning) Susu Pasteurisasi Merek Alam Murni (Studi Kasus di Bandung)
Abstract
Di era modernisasi ini, produsen dituntut menyediakan produk makanan dan minuman siap saji. Susu pasteurisasi termasuk produk yang menjawab tantangan ini yaitu minuman yang memenuhi kebutuhan gizi serta praktis dalam penyajiannya. Produk susu pasteurisasi yang beredar memiliki atribut yang hampir serupa. Kondisi ini menuntut produsen menghasilkan produk yang sesuai dengan selera konsumen. Pelaku pasar susu pasteurisasi pun menghadapi tantangan dalam perencanaan dan pengembangan pemasarannya.
PT. Industri Susu Alam Murni, sebagai pemasar memerlukan suatu bauran pemasaran yang efektif agar produk yang mereka tawarkan dapat diterima dan dibeli oleh konsumen. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengetahui posisi produk. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis persepsi konsumen terhadap produk susu pasteurisasi merek Alam Murni, (2) menganalisis positioning produk susu pasteurisasi merek Alam Murni berdasarkan tingkat kepuasan konsumen, (3) menganalisis strategi pemasaran melalui bauran pemasaran produk susu pasteurisasi Alam Murni. ...