Analisis motivasi, persepsi dan tingkat kepuasan pengunjung wisata agro kusuma, Batu-Malang, Jawa Timur
Abstract
Globalisasi dunia mengakibatkan hampir tidak mengenal lagi batas teritorial suatu negara, Globalisasi itu diyakini akan memunculkan revolusi triple T, yaitu trade, transportation, dan tourism. Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi besar di bidang kepariwisataan, perkembangan pariwisata diyakini akan lebih cepat dibanding dua aspek lain. (BPS, 2002). Pada dekade terakhir pembangunan pariwisata di Indonesia menunjukkan kecederungan yang terus meningkat, preferensi dan motivasi wisatawan berkembang secara dinamis dalam memilih obyek wisata yang spesifik seperti udara segar, pemandangan indah, pengolahan produk secara tradisional maupun produk pertanian modern. Peningkatan pesat ini menunjukkan adanya permintaan yang tinggi terhadap wisata agro (Rachmat, 2002). Agrowisata merupakan salah satu bidang usaha yang didasarkan pada konsep uniqueness dalam penciptaan pasar dan berperan sebagai media promosi pertanian dan media pendidikan masyarakat yang potensial serta memberikan sinyal bagi pengembangan diversifikasi produk agribisnis. Wisata Agro Kusuma merupakan salah satu obyek wisata di kota Batu-Malang yang berusaha untuk menjadikan kota Batu dengan ciri khas buah apel sebagai tujuan wisata utama pengunjung yang datang ke daerah Jawa Timur. ...