Kualitas layanan asrama TPB IPB
View/ Open
Date
2004Author
Faizin, Muhamad Taufik
Susetyo, Budi
Sartono, Bagus
Metadata
Show full item recordAbstract
Beban kerja yang dihadapi oleh BPA TPB IPB, antara lain: jumlah mahasiswa TPB yang sangat besar, berbagai program multi budaya, kompleksitas pelaksanaan pelayanan, areal operasional yang luas, terbatasnya sumber daya dan keterbatasan wewenang dalam pengelolaan dana operasional dan properti. Dengan beban kerja tersebut, BPA TPB IPB dituntut mampu memberikan layanan terbaiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kualitas layanan asrama TPB IPB, mengetahui aspek-aspek utama asrama TPB, mengetahui prioritas perbaikan layanan serta mengetahui kinerja penanganan pengaduan asrama TPB.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan mengambil contoh sebanyak 146 mahasiswa TPB IPB angkatan 40, sampling error maksimum yang dihasilkan adalah 4,04%. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah penarikan contoh acak berlapis dengan menggunakan lantai sebagai dasar pelapisan populasi, sedangkan metode pengalokasian contoh untuk setiap lapisan dilakukan secara proporsional berdasarkan jumlah mahasiswa dalam satu lantai. Survei dilakukan dengan mewawancarai langsung sejumlah responden dengan menggunakan kuesioner terstruktur, Wawancara dilakukan dengan cara tatap muka.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa masih kurangnya kualitas pelayanan asrama TPB IPB dapat disebabkan antara lain oleh:
1. BPA asrama TPB belum mempunyai spesifikasi kualitas layanan secara lengkap.
2 . Adanya perbedaan antara spesifikasi kualitas layanan dan penyajian/pelaksanaan layanan.
Aspek-aspek yang menjadi perhatian utama mahasiswa pada sebuah asrama secara berurutan, adalah tangibles, reliability, responsiveness, emphaty, dan assurance. Masalah layanan yang perlu segera diperbaiki di asrama TPB IPB adalah masalah air mati menempati urutan pertama, berikutnya masalah kebersihan kamar mandi dan harga makanan di kantin.