Analisis perilaku konsumen dan implikasinya terhadap strategi bauran pemasaran permen tolak angin PT. Sido Muncul : studi kasus: Kota Bogor
Abstract
... Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian produk Permen Tolak Angin. Selain itu juga menganalisis sikap atau persepsi konsumen terhadap atribut Permen Tolak Angin dan menilai atribut yang dianggap ideal menurut konsumen. Dengan demikian dapat disusun rekomendasi kebijakan bauran pemasaran berdasarkan perilaku konsumen terhadap Permen Tolak Angin.
Pengambilan responden dilakukan di empat lokasi plaza terbesar yang terdapat di beberapa kecamatan Kota Bogor, yaitu Yogya Plaza Indah Bogor (Kecamatan Tanah Sareal, Bogor Utara dan Bogor Barat), Plaza Jembatan Merah (Kecamatan Bogor Tengah dan Bogor Barat), Plaza Ekalokasari (Bogor Timur, Bogor Selatan dan Bogor Utara) dan Yogya Plaza Bogor Suryakencana (Bogor Tengah). Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive), Alasan pengambilan lokasi ini karena di keempat lokasi plaza lebh mudah ditemui responden dari berbagai macam latar belakang.
Karakteristik responden dan proses keputusan pembelian konsumen diperoleh dari perhitungan persentase responden yang disajikan dalam tabel tabulasi sederhana. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dianalisis dengan menggunakan alat analisis faktor. Sementara itu, metode Multiatribut Angka Ideal digunakan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap Permen Tolak Angin. Akhirnya berdasarkan hasil analisis perilaku konsumen tersebut dan The 18 Guiding Principle of Marketing in Venus, dirumuskan strategi bauran pemasaran yang mencakup strategi produk, harga, promosi dan distribusi. ...