Risiko Penjualan Bunga Potong Sedap Malam pada Reza Florist di Pusat Promosi dan Pemasaran Hortikultura (P3H) Rawabelong
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk menghitung probabilitas dan dampak risiko pasar
dari usaha penjualan bunga potong sedap malam karena memiliki dampak dan
peluang terjadi yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kerugian yang besar bagi
Reza Florist. Berdasarkan hasil perhitungan nilai z-score diperoleh hasil sebesar
67,30 persen per bulan yang berarti kemungkinan Reza Florist untuk menjual
bunga potong sedap malam kurang dari batas minimum yaitu 1740 gabung atau
lebih dari batas maksimum penjualan yaitu 2592 gabung adalah 67,30 persen per
bulan. Sedangkan dari hasil perhitungan dampak risiko diperoleh nilai sebesar
33.277.693,52 dengan tingkat keyakinan sebesar 95 persen yang berarti pedagang
dapat yakin 95 persen bahwa Reza Florist tidak akan menderita kerugian akibat
adanya bunga sedap malam yang tidak terjual yang melebihi Rp 33.277.693,52 per
bulan pada tahun 2011. Namun, masih ada kemungkinan sebesar 5 persen Reza
Florist menderita kerugian lebih besar dari Rp 33.277.693,52 per bulan.
Strategi penanganan risiko dapat berupa strategi preventif dan strategi mitigasi.
Adapun strategi preventif yang dapat diaplikasikan yaitu dengan melakukan
pengelolaan kegiatan distribusi, memberikan penyuluhan kepada pedagang
pengumpul untuk menggun aka n distributor yang handa l dan mengirimkan bunga
dengan kondisi baik saja, dan peninjauan kontrak yang mengatur tentang distribusi
dan pembelian, peramalan kondisi pasar, mencari alternatif pasar baru, dan
menjalin kerjasama dengan pelanggan. Sementara straegi mitigasi yang dapat
diaplikasikan dapat berupa diversifikasi produk, manajemen pasokan, pencarian
rute pengiriman lain, dan menyisihkan dana pada saat penjualan sedang tinggi.
Collections
- UT - Agribusiness [4401]