Analisis perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian Kue Mochi di Perusahaan Dagang Lampion Sukabumi
Abstract
Sebagian besar industri di Kota Sukabumi adalah industri makanan. Salah satu industri makanan tersebut adalah industri kue mochi yang tergolong ke dalam skala rumah tangga dan kecil. Perusahaan Dagang (PD) Mochi Lampion merupakan salah satu perusahaan mochi terbesar dan jumlah tenaga kerja terbanyak di Kota Sukabumi. Jumlah unit usaha industri mochi hampir setiap tahun mengalami peningkatan selama tahun 2001-2008 dan pada akhir tahun 2008 jumlah industri kecil mochi berjumlah sepuluh unit. Hal ini mendorong para pengusaha mochi khususnya PD Lampion untuk melakukan upaya dalam berbagai aspek agar dapat mempertahankan atau memperluas pangsa pasar. Oleh karena itu, dilakukan analisis mengenai perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian kue mochi PD Lampion untuk mempertahankan atau memperoleh keunggulan bersaing dari kompetitor. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Memperoleh informasi mengenai karakteristik konsumen produk PD Mochi Lampion; 2) Mengidentifikasi dan menganalisis proses keputusan pembelian produk PD Mochi Lampion oleh konsumen; 3) Menganalisis atribut-atribut yang dianggap penting pada produk PD Mochi Lampion. Penelitian di PD Lampion ini dilakukan secara sengaja (purposive). Data dan informasi yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak seratus orang. Analisis data dalam penelitian ini digunakan tiga pendekatan, yaitu analisis deskriptif, analisis IPA (Impotance Performance Analysis) dan analisis CSI (Customer Satisfaction Index). Berdasarkan hasil analisis terhadap kuisioner diketahui bahwa terdapat 52 orang responden pria. Konsumen kue mochi lampion banyak berada pada usia produktif yaitu berada pada usia 17-35 tahun dan terdapat 51 orang responden yang belum menikah. Tingkat pendidikan tertinggi konsumen adalah sarjana. Kategori pekerjaan terbanyak berada pada pekerja swasta yaitu sebanyak 40 orang responden. Konsumen kue mochi tidak hanya berasal dari Kota Sukabumi saja tetapi dari berbagai kota di luar Kota Sukabumi. Apabila dilihat dari tingkat pendapatan responden, pendapatan rata-rata berada pada kisaran Rp 1.000.000,00 - Rp 2.000.000,00 ...
Collections
- UT - Agribusiness [4260]