Analisis strategi promosi industri rumah tangga natural handmade soap di Tanah Kusir, Jakarta
Abstract
Produk kosmetika tidak hanya digunakan oleh orang tua tetapi juga
digunakan oleh remaja hingga anak-anak. Konsumennya pun tidak terbatas pada
kota-kota besar saja tetapi sudah merambah ke pelosok pedesaan. Memenuhi
kebutuhan pasar kosmetika yang semakin meningkat, berkembanglah industri
kosmetika dengan berbagai perusahaan baik dari dalam negeri maupun dari luar
negeri. Dengan demikian setiap perusahaan harus bersaing dengan ketat untuk
memperebutkan pangsa pasar dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh
masing-masing perusahaan. Konsumen saat ini dihadapkan dengan beragam
pilihan merek dan produk kosmetika yang beredar di pasar. Salah satu jenis
kosmetika adalah sabun. Sabun menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi karena
kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Industri sabun
di Indonesia sangat banyak terutama perusahaan-perusahaan besar yang telah
lama memproduksi produk kosmetik. Sabun terdiri dari dua jenis yaitu sabun
padat (batang) dan sabun cair. Produk sabun yang berkembang dan mulai
diminati oleh beberapa kalangan adalah jenis sabun yang berbahan baku alami
karena sabun tersebut tidak memakai campuran bahan kimia sehingga aman
untuk kulit masyarakat Indonesia yang mempunyai iklim tropis. Bahan alami
yang biasa digunakan dalam industri pengolahan sabun antara lain: Minyak
Kelapa, Minyak Zaitun, dan minyak essensial. Natural Handmade Soap adalah
sabun yang terbuat dari bahan dasar minyak tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan
tanpa menggunakan bahan pengawet, deterjen, lemak hewani maupun pewangi
buatan Dalam sabun ini masih terkandung glycerin alami yang berguna bagi
pelembab kulit. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah: a)
Mengevaluasi kegiatan promosi yang dilakukan produk sabun Natural
Handmade Soap dalam mempromosikan produknya., b) Menganalisis faktor-
faktor yang menjadi unsur penyusun strategi promosi sabun Natural Handmade
Soap, dan c) Merumuskan alternatif strategi promosi sabun Natural Handmade
Soap yang lebih tepat untuk diterapkan.
Penelitian dilakukan ditempat pemasaran sabun Natural Handmade Soap yaitu di Jl. Bendi Raya, Tanah Kusir Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive), dengan mempertimbangkan bahwa Natural Handmade Soap merupakan salah satu produsen penghasil sabun berbahan baku alami yang akan memperluas pangsa pasar. ...
Collections
- UT - Agribusiness [4618]