Strategi Pengembangan Usaha Minuman Instan Berbahan Baku Biofarmaka (Studi Kasus pada Sub divisi Produk Pusat Studi Biofarmaka IPB
Abstract
Perkembangan pola hidup masyarakat yang saat ini semakin kompleks menuntut
tersedianya berbagai produk siap saji (instan). Salah satu altematif pengembangan
produk minuman ringan yang memenuhi persyaratan kepraktisan dalam pemakaian
adalah produk minuman instan. Minuman instan adalah rekonstitusinya seketika dan
tanpa bantuan/adukan mekanik, artinya memerlukan sifat pembasahan bagus,
tere·nctam, mudah terdispersi/menyebar dan terlarut semua komponen dalam cairan.
Biofarmaka merupakan komoditas potensial untuk dikembangkan sebagai minuman
instan. Keiebihan-ke!ebihan yang dimiliki oleh produk minuman instan berbahan baku
biofarmaka antara lain : terbuat dari bahan-bahan alami, memiliki aspek fungsional
bagi kesehatan dan rasa yang enak, praktis dalam penggunaan, dan dapat di
konsumsi oleh seluruh masyarakat.
Dalam pengembangan minuman instan berbahan baku biofarmaka masih
menghadapi kendala, antara lain: masih rendahnya pcngetahuan masyarakat tentang
minuman instan barbahan baku biofarmaka, ada pendapat bahwa makanan/minuman
yang berbahan baku biofarmaka itu tidak ada rasanya, sehingga beberapa
masyarakat tidak menyukaimya dan harga yang masih mahal serta promosi yang
kurang intensif. Sub divisi produk PSB dalam pelaksanaan proses produksi minman
instan masih menghadapi berbagai kendala dalam pengembangan usahanya antara
lain, bagalmana kondisi lingkungan usaha sub divisi produk baik lingkungan internal
yang menjadi kekuatan dan kelemahan maupun eksternal yang menjadi peluang dan
ancaman saat ini, belum adanya strategi yang menyeluruh dan terintegrasi, sehingga
diperlukan suatu rumusan atau strategi pengembangan khususnya untuk minuman
instan berbahan baku biofarmaka saat ini…dst