Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Makmun
dc.contributor.authorRamdhani, Nijar
dc.date.accessioned2023-11-01T11:37:36Z
dc.date.available2023-11-01T11:37:36Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129875
dc.description.abstractAdanya piranti komunikasi dan informasi mendukung transformasi gagasan dan pikiran menjadi lebih cepat, tepat, praktis, dan berkualitas. Salah satu perangkat, yakni notebook saat ini sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi sebagian orang. Untuk kalangan mahasiswa, penggunaan notebook menjadi salah satu kebutuhan untuk membantu penyelesaian tugas kuliah dan sebagai media hiburan. Kebutuhan untuk menggunakan yang diikuti dengan keputusan pembelian notebook akan berbeda untuk masing-masing orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, salah satunya faktor atribut produk. Oleh karena itu pemasar perlu mengetahui dan memahami atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian notebook agar dapat menyusun strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis proses keputusan pembelian notebook yang dilakukan oleh mahasiswa Program Sarjana Alih Jenis FEM IPB; dan (2) Menganalisis atribut notebook apa saja yang dominan dan mendorong pembelian notebook oleh mahasiswa Program Sarjana Alih Jenis FEM IPB. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Teknik penentuan sampel menggunakan non probability sampling dengan dengan teknik accidental. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Deskriptif dan Faktor. Pengolahan data untuk analisis faktor menggunakan SPSS 14. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas pengguna notebook adalah mahasiswa perempuan yang berusia 21-23 tahun. Pada tahapan-tahapan proses keputusan pembelian notebook, terdapat tahap pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Dari analisis Faktor terbentuk nilai KMO sebesar 0,750 menunjukkan bahwa dapat dilakukan pengujian selanjutnya 3 (tiga) faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu faktor pertama yang terdiri dari merek, spesifikasi, daya tahan, garansi, costumer care, fitur, ukuran, dan warna, faktor kedua terdiri dari tipe, dan faktor ketiga terdiri dari harga, dan spesifikasi. Variabel harga, tipe, dan spesifikasi notebook merupakan variabel-variabel yang paling dominan dan mendorong keputusan pembelian notebook.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisis atribut produk yang mempengaruhi keputusan pembelian Notebook oleh Mahasiswa Program Sarjana Alih Jenis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAtribut produkid
dc.subject.keywordKeputusan pembelianid
dc.subject.keywordNotebookid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record